Selasa, 25 Oktober 2011

Membuat Gallery Photo dengan Photoshop

Photoshop menyediakan fasilitas untuk membuat galeri foto web. Berbagai template yang juga sudah tersedia sehingga kita hanya perlu melakukan perintah dan memilihnya. Untuk membuat galeri ini, sebelumnya kita harus mempersiapkan gambar/foto, folder tempat gambar tersebut, dan folder tujuan penyimpanan.

Langkah 1

Setelah itu pilih File > Automate-Web Photo Galery
Maka kotak dialog Web Photo Galery akan muncul
Pada styles terdapat template untuk Web Photo Galery. Pilihan Styles sebenarnya banyak pilihan sesuai keinginan. Saat ini saya memilih pilihan Horisontal Slide Show untuk styles.
Bagian email juga bisa apabila diperlukan.
Pada Bagian Browser, pilih folder sumber gambar.
Kalau sudah ditentukan foldernya, klik OK. Di samping kanan tombol tersebut akan muncul alamat folder sumber gambar.
Jika ada subfolder di dalam folder sumber dan ingin dimasukkan dalam proses pembuatan, pilih kotak Include All Subfolders. Klik tombol Destination untuk menyimpan hasil penyimpanan gallery kita nantinya . Kalau sudah ditentukan foldernya, klik OK.
Selanjutnya pada tab Options dan pada pilihan General, kemudian pada Extension pilih. Htm. Setelah itu centang bagian Add Width and Height Attribut For Images.

Langkah 2

Pada tab Options, ubah dari General menjadi Banner.
Beri nama situs atau gallery pada form Site Name, Misalnya Gallery Magetan
Isi bagian Photographer apabila diperlukan.
Isi Contact Info dengan alamat atau lainnya yang bisa digunakan oleh user untuk menghubungi anda.
Isi juga bagian date untuk tanggal pembuatan galeri anda.
Secara default tanggal sudah ditentukan oleh Photoshop.

Langkah 3

Masih pada Option, Ubah dari Banner menjadi Large Image.
Pada bagian ini berguna untuk mengatur tampilan view setiap gambarnya.
Pada Resize Images Pilih Large dengan Ukuran 450 Pixel atau sesuai keinginan anda. Pada Bagian Constrain pilih Both dan pada JPEG Quality pilih high atau sesuai keinginan.
File Size akan menyesuaikan. Untuk Border Size, isi saja 1 pixels,Pada Bagian Tittle Use kemudian centang/pilih filename, description, credits, title dan copyright.

Langkah 4

Pada tab Options, ubah dari Large Images menjadi Thumbnails.
Pada bagian Thumbnail digunakan untuk mengatur gambar thumbnail, kemudian atur pada Size Images, pilih Medium dengan ukuran 75 pixel. Untuk Border size isi saja 0 pixels dan untuk Tittle Use, pilih Filename, Caption,Credit, Titel, dan Copyright.

Langkah 5

Pada Tab Options, ubah dari thumbnail menjadi Custom Colors.
Pilih warna Background, sesuai dengan selera dan keinginan anda.

Langkah 6

Selanjutnya pada tab Options, ubah Custom Colors menjadi security.
Bagian Security adalah bagian untuk mengamankan gambar kita agar dalam gambar gallery kita agar tidak dicuri hak ciptanya oleh orang lain. Bagian security juga bias tidak kita isi Pada Content pilih Custom Text, sedangkan untuk pilihan lainya secara default akan menyesuaikan. Pada Custom Text, isi dengan teks yang akan ditampilkan pada gambar, misalnya sundulsatu. Tentukkan font yang ingin digunakan, misalnya Arial. Tentukan juga font size yang diinginkan, misalnya 36pt. Pada Color kita dapat menentukkan warna sesuai pilihan, bisa Black, White atau Custom. Untuk itu pilih saja misalnya Green dan tentukan Opacitynya. Disarankan untuk menentukan opacity 49%-50% agar teks terlihat transparent. Untuk Position pilih bagian Centered, Pilih None untuk Rotate.
Klik OK


Tutorial lengkap dengan gambarnya ada di link di bawah ini

http://www.scribd.com/doc/69531475/Photo-Gallery

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar